Skip to main content

Trik Gampang Menang Lomba atau Giveaway

Hallo, Terima kasih untuk teman-teman ku yang menyempatkan mampir. Aku mau sedikit share tentang pengalamanku menjuarai Lomba Essay + sedikit tips dari aku dalam menulis dan mengikuti Lomba/Giveaway supaya peluang menang lenih gede hehehe. Pasti seneng dong kalo menang lomba/giveaway.

Secara umum aku udah pernah menang 3 Lomba yang bertaraf Nasional yang semuanya diselenggarakan secara online.

Pertama, Juara 3 Lomba Fotografi Plant Protection Competition 2019. Lomba ini diselenggarakan oleh HIMAPTA FP Universitas Brawijaya. Nah, ini lombanya tentang pertanian dan upload di IG. Awalnya ga ada niatan buat ikutan lomba ini ya, kemudian pas aku lihat ternyata pesertanya masih sedikit dan pesertanya masih banyak yang amatiran kalau dilihat-lihat. Disitu aku melihat peluang kalau aku bisa nih menangin nih lomba. Nah, kebetulan aku punya stock foto tuh serangga-serangga lumayan banyak. Kalau jujur sebenarnya aku gaada basic fotografi, kamera pun juga pakai HP kentang sejutaan.

Kedua, Juara 1 Lomba Instagram Photo Challenge SABSFest 2019. Ini merupakan lomba yang diselenggarakan oleh Yayasan Sekolah Alam Bengawan Solo. Lomba ini temanya tentang sungai, jadi sesuai kayak nama yayasannya yang pakai nama sungai. Pas lomba ini aku ngepost 2 foto sungai, pertama pakai stock foto lama di HP yaitu sungai di Cengkrong, Watulimo, Trenggalek dan foto Sungai Brantas di daerah Balongbendo, Sidoarjo. Pengambilan foto yang kedua gaada rencana sama sekali, kebetulan kan pas pulang dari SBY naik motor ke Kediri ngeliat ada sungai yang kayaknya bagus juga kalau di foto, yaudah langsung jepret pakai HP. Awalnya sebenarnya Juara 2 guys, tapi karena ada peserta yang di diskualifikasi jadi dinaikin ke posisi Juara 1. Hehehe. Sebenernya, aku juga ga paham fotoku yang menang yang mana karena ga di post sama Panitia atau mungkin penilaiannya digabungkan dari foto. Entahlah..

Ketiga, Juara 1 Lomba Essay Facebook Nasional Balai Penelitian Jeruk dan Buah Subtropika 2020. Temanya ini pokonya tentang pengembangan buah jeruk dan subtropik. Aku nulis Essay ini sebenarnya pas gabut banget, jadi waktu itu pas masa pandemi + nunggu revisian skripsi. Alhamdulillah ya ternyata masih sempat-sempatnya nulis essay di tengah kegabutan. Nah, trik dan tips yang aku pelajari kenapa aku bisa menang di lomba nulis essay ini yaitu pahami dulu apa temanya dan ketentuannya bagaimana. Kemudian cari ide yang sederhana yang bisa segera diterapkan. Nah ini kayaknya kunci utamanya sih, jadi apa yang kalian tulis itu harus bisa diterapkan dengan mudah di lapang. Percuma gitu ya punya ide cemerlang tinggi menjulanh, tapi ternyata tidak bisa diterapkan. Kemudian pas nulis artikelnya tentukan pokok-pokok bahasannya apa saja, usahakan yang kalian bahas tuh ngalir dari atas ke bawah, saling berhubungan, dan jelas alurnya. Kalau untuk ketentuan penulisan pas lomba ini gaada ketentuan baku formatnya bagaimana, jadi aku cuma ngikutin aja kayak aku nulis skripsi.

Selain ketiga lomba itu, aku lumayan sering ikutan giveaway gitu dan juga kalau aku ikutan persentase menangnya lebih besar daripada ga dapetnya hehehe. Nah, kalau mau menang dalam giveaway itu pinter-pinter cari peluang. Kalau aku biasanya cari giveaway yang pesertanya ga terlalu banyak dan penentuan pemenangnya bukan yang rando. Banyangin kalau yang ikut pesertanya sampai 1000 lebih trus random kemungkinan menangmu cuma 1/1000. Jadi, aku biasanya cari yang pesertanya kalau bisa ga sampai 200, lalu cari giveaway yang sifatnya kayak lomba, misalnya bikin pantun & ucapan.

Nah intinya kalau mau menang lomba atau giveaway itu harus pintar baca peluang, syarat ketentuan, dan sadari kemampuan lawanmu dan dirimu sendiri.

Comments

Popular posts from this blog

Laporan Praktikum Mikologi "Ciri dan Morfologi Jamur Kelas Ascomycetes)

LAPORAN PRAKTIKUM MIKOLOGI MORFOLOGI JAMUR KELAS ASCOMYCETES     Disusun oleh : Nama              : Muhammad Khotamul Wildan NPM                : 1625010149 Golongan       : AH2 Kelompok       : 2 Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional“Veteran”   Jawa Timur 2018 I.                    PENDAHULUAN 1.1               Latar Belakang Jamur termasuk dalam kingdom fungi, karena tidak dapat dikelompokkan dalam dunia hewan maupun tumbuhan. Hidupnya secara heterotrof (menguraikan bahan- bahan organik yang ada di lingkungannya seperti sampah dan bangkai) sehingga disebut organisme pengurai. Jamur memiliki 4 divisi yaitu basidiomycota, ascomycota, basidiomycota dan deuteromycota.   Tubuh jamur berupa benang-benang yang bercabang yang disebut sebagai hifa, tetapi ada pula yang berbentuk bulat atau batang pendek yang disebut golongan khamir, hifa berinti ada yang bersekat dan ada yang tidak bersekat fase vegetati

Uji Lanjutan BNT, BNJ, dan DMRT

Multiple Comparison Tests -Uji pembandingan nilai-nilai tengah perlakuan - Uji lanjut ( posthoc tests) dari ANOVA jika terdapat hasil yang signifikan ( hipotesis H 0 ditolak ) - Beberapa uji adalah :   -   Uji BNT (Beda Nyata Terkecil , Least Significance Difference)   -   Uji BNJ (Beda Nyata Jujur , Honestly Significance Difference)   -   Uji Perbandingan Berganda Duncan (Duncan's Multiple Range Test)   -   Uji Perbandingan thd Kontrol ( uji Dunnett ) Silahkan download contoh Uji RAL satu faktor berikut : Download Contoh Uji BNT BNJ DMRT Excel Btw kalau ada kritik & saran boleh banget, kita sama-sama belajar.

Nama Pestisida yang Ada di Indonesia(Merk Dagang, Sasaran, Cara Aplikasi dan Produsen)

APLIKASI PESTISIDA DAFTAR NAMA PESTISIDA YANG ADA DI INDONESIA OLEH: KELOMPOK 5 1.        MUSBIHATUN                                            1625010144 2.        MUHAMMAD KHOTAMUL WILDAN 1625010149 3.        MUHAMMAD ZINIDIN                            1625010156 4.        TESHA LUTFIKA RATRI                        1625010158 5.        OKTA GEGANA PURWADI                    1625010162 6.        MUHAMMAD ALFIAN ANWARI          1625010171 UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAWA TIMUR FAKULTAS PERTANIAN 2018 Herbisida No Nama Dagang / Formulasi Jenis Pestisida Sasaran dan Cara Aplikasi Batas Residu Nama Produsen 1.          PROMOLLY 20 WG (umum) metil metsulfuron (metsulfuron-methyl) : 20 % Herbisida sistemik purna tumbuh berbentuk butiran yang dapat didispersikan dalam air. Karet (TBM) : gulma berdaun lebar  Ageratum conyzoides, Borreria alata, Mikania micrantha, Synedrella nodiflora  (Penyemprotan volume tinggi